Orang Kristen, selalu Berhasil?


Ibadah Streaming, 14 Juni 2020

Img

Orang Kristen, selalu Berhasil?

 

Baca Mazmur 1:1-6

1Berbahagialah orang yang tidak berjalan menurut nasihat orang fasik, yang tidak berdiri di jalan orang berdosa, dan yang tidak duduk dalam kumpulan pencemooh,

 

2tetapi yang kesukaannya ialah Taurat TUHAN, dan yang merenungkan Taurat itu siang dan malam.

 

3Ia seperti pohon, yang ditanam di tepi aliran air, yang menghasilkan buahnya pada musimnya, dan yang tidak layu daunnya; apa saja yang diperbuatnya berhasil.

 

4Bukan demikian orang fasik: mereka seperti sekam yang ditiupkan angin.

 

5Sebab itu orang fasik tidak akan tahan dalam penghakiman, begitu pula orang berdosa dalam perkumpulan orang benar;

 

6sebab TUHAN mengenal jalan orang benar, tetapi jalan orang fasik menuju kebinasaan.

 

Ayat ini Berbicara tentang Perbedaan/Cara Hidup & Akhir dari kehidupan antara orang benar dan orang Fasik.

 

Baca Mazmur 1:3

Perhatikan apa saja yg diperbuatnya Berhasil

 

Alkitab sepenuhnya merupakan pewahyuan/pengilhaman dari Tuhan kepada sang penulis.

Penulis mengkaitkan/mengkorelasikan keberhasilan orang yang benar dengan  keberhasilan seperti sebuah pohon.

 

Sebuah pohon dikatakan berhasil adalah Kalau ia Menghasilkan buahnya pada musimnya. Demikian Juga orang benar dikatakan berhasil apabila hidupnya Menghasilkan buah. Kita melakukan aktivitas/pekerjaan yg Kita lakukan demi kepentingan orang-orang disekitar Kita.

 

Sebuah pohon utk dapat Menghasilkan buah, pohon harus Bekerja.

 

Jadi siapa yg Kita sebut orang yang berhasil dalam kehidupannya??

 

Mari Kita renungkan :

1.Apakah Tukang sapu di jalan & Guru honorer yang penuh dedikasi dipandang sebagai orang berhasil? Ada Dampak positif yg dirasakan oleh masyarakat sekitar dengan apa yg dilakukan guru honorer & tukang sapu.

 

2. Apakah pengusaha, orang kaya, terpandang, punya popularitas yg hebat, akan tetapi orang* di sekelilingnya tidak mendapatkan buah dari apa yang dikerjakannya. Mari Kita renungkan apakah hidupnya berhasil?

 

Apa sih makna BERHASIL?

Artinya ayat Mazmur 1:3 tentang apa saja yg diperbuatnya Berhasil itu, dalam kaitan/pengertian Hidup Menghasilkan Buah. Tidak berfokus pada kepentingan diri tetapi berfokus pada kepentingan banyak orang.

 

Untuk menjadi berhasil tidak harus Kita punya jabatan yg tinggi. Cukup dengan Hati yang rela berkorban.

 

Mari Kita rindukan dikatakan Berhasil dimata Tuhan bukan dimata manusia. Hidup yang berhasil bukan Karena seberapa popularnya Hidup Kita, seberapa banyak harta kita atau berapa tinggi jabatan kita. Akan tetapi, Hidup yang berhasil apakah Kita Menghasilkan Buah pada musimnya. Aktivitas yg Kita lakukan memiliki Dampak/Berkat bagi orang banyak.

 

Bagaimana agar Hidup Kita berhasil :

1.Jangan bergaul dengan orang Fasik. Jangan Hidup seperti nilai-nilai orang pencemooh & Jangan Mendengarkan nasihat dari orang berdosa (Mazmur 1:1).

2. Kita banyak renungkan Firman. Agar nilai*dalam Hidup yang Kita jalani adalah nilai* berdasarkan Firman Tuhan (Mazmur 1:2).

 

Krisis tidak akan menghentikan Kita untuk Menghasilkan Buah.Untuk Menghasilkan Buah Kita hanya perlu hati yang sungguh-sungguh berkorban sesuai Firman Tuhan.

 

Tuhan Memberkati

Alex Leo