Jangan Takut Dan Jangan Bimbang


IR.Sabtu 08 Feb 2020

Img

Jangan Takut  Dan Jangan Bimbang

Pdt. Ona Tahapary

Yesaya 41 : 9 – 10 , 9 “engkau yang kuambil dari ujung ujung bumi, dan yang telah kupanggil dari penjuru – penjurunya,Aku berkata kepadamu : “Engkau hamba-Ku,Aku telah memilih engkau dan tidak menolak engkau”; 10  “janganlah takut ,sbab Aku menyertai engkau,janganlah bimbang karna Aku ini Allahmu ,Aku akan meneguhgkan bahkan menolong engkau;Aku akan memegang engkau dengan tangan kanan-Ku yang membawa kemenangan.

Takut itu adalah pemberian Tuhan,dan kalau kita tidak terima kalau itu pemberian,rasa takut itu ga ada pada kita,kita bahaya. Contoh, kalau rasa takut tidak ada pada kita,kitra bisa ada di lantai 100 pada gedung ,lalu tiba tiba ingin lompat kita pasti akan langsung lompat. Atau kalau rasa takut itu tidak ada,disaat kita mau menyebrang jalan,tanpa kita melihat ke kanan dan ke kiri karna tidak ada rasa takut.Tuhan kasih rasa takut itu kepada kita,supaya rasa takut itu memberikan proteksi bagi setiap kita.,tapi Tuhan tidak pernah merancang  kita dalam posisi ketakutan . Yesaya 41 : 10 di dua kata pertama yaitu “janganlah takut”,takut itu berasal dari bahasa Ibrani yang  disebut “yare”  yaitu janga memposisikan diri dikuasai oleh ketakutan sampai kita gemetar oleh ketakutan. Waktu takut menguasai kita,itu baik.Tapi ketika ketakutan yang menguasai kita,sampai kita gemetar,dan kita tetap memposisikan diri tetap ada dalam posisi itu,kita SALAH!,sebab intimidasi dari ketakutan itu LEMAH,membuat kita tidak berani menghadapi apa saja. Pada posisi itu kita harus keluar,tidak boleh menetap pada posisi itu. Dan yang kedua alkitab bilang “ jangan bimbang” kata bimbang  disitu Ibrani menggunakan kata “sa’a”   yang artinya,jangan gampang kecewa sama Tuhan.  Arti yang kedua  “sa’a”  artinya menjadi redup dalam keyakinan. Dan arti ketiga,bimbang adalah dikuasai oleh kecemasan. Arti keempat,bimbang adalah memutar balikan diri,atau membelakangi Tuhan.

Di Yesaya 41 : 9- 10, waktu Tuhan bilang “jaangan takut” atau “janganlah bimbang”  Dia tidak hanya sekedar ngomong tanpa memberikan persiapan kepada kita,memberikan modal yang akan menolong kita untuk merdeka dari ketakutan dan dari realita bimbang . Kalau kita cermati dari ayat  9 sampai ayat 10, kita sadari bahwa Tuhan memberikan 8 jaminan untuk kita,supaya kita jangan takut dan jangan bimbang lagi dalam kehidupan :

  1. Protection itu dominasi ada pada tangan Tuhan,sehingga apapun yang terjadi dalam kehidupan kita,percayalah yang akan turun tangan yaitu Tuhan sendiri.( Yesaya 41: 9)
  2. Kita bukanlah kategori orang yang di panggil,melainkan kita adalah orang yang dipilih. Krna kota orang yang dipilih,maka orang yang dipilih lah yang akan di prioritaskan.(Yesaya 41 :9)
  3. Apapun yang terjadi,waktu kita datang kepada Tuhan,Tuhan itu tidak mungkin tolak kita.(Yesaya 41 : 10)
  4. Tuhan selalu menyertai kita.
  5. “Aku ini Allah mu”
  6. “Aku akan meneguhkan engkau”
  7. “Aku akan menolong engkau”
  8. “Aku akan memegang engkau dengan tangan kanan-Ku yang membawa kemenangan”

 

2 Raja – Raja 6 : 8 – 17

Tuhan mau jamin kita dengan 1000 jaminan sekaligus,tapi kalau mata kita ga kebuka untuk melihat realita tentang Tuhan,jaminan Tuhan hanya akan ada pada posisi teori otak kita tapi tidak berubah untuk keyakinan pada hidup kita. Sehingga disaat kita ngalami apa saja,kita akan gampang sekali dikuasai dengan ketakutan dan akan mengalami Panic Attack . Hal yang harus kita lakukan adalah,berdoa kepada Tuhan agar membuka mata kita untuk dapat melihat realita Tuhan dalam kehupan kita.