There it is... From the Highest...


Img

(Perenungan Natal)

Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini,

sehingga Ia telah mengaruniakan Anak-Nya yang tunggal,

supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya

tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal.

Yohanes 3:16

 

Seberapa dalam kita memaknai kata demi kata yang terdapat dalam Yohanes 3:16? Kita semua mengerti hanya oleh karena anugerah dan kasih Allah yang melimpah kepada setiap manusia ciptaan-Nya, Allah rela mengorbankan Anak-Nya yang tunggal, Yesus Kristus untuk menebus seluruh umat manusia. Tapi pernahkah kita merenungkan apa yang sesungguhnya menggerakkan hati Tuhan sehingga Dia mau turun dari kediaman-Nya, menjadi sama seperti manusia ciptaan-Nya dan lebih dari pada semua itu, Ia justru memilih untuk mengambil rupa seorang hamba agar dapat bersama-sama hidup di tengah-tengah mereka.

Mazmur 113:4-8 berkata TUHAN tinggi mengatasi segala bangsa, kemuliaan-Nya mengatasi langit. Siapakah seperti TUHAN, Allah kita, yang diam di tempat yang tinggi, yang merendahkan diri untuk melihat ke langit  dan ke bumi? Ia menegakkan orang yang hina dari dalam debu dan mengangkat orang yang miskin dari lumpur, untuk mendudukkan dia bersama-sama dengan para bangsawan, bersama-sama dengan para bangsawan bangsanya.

Kita bisa membayangkan betapa besarnya Allah kita sehingga Ia harus merendahkan diri-Nya hanya untuk sekedar melihat ke langit dan ke bumi yang begitu luas. Yang menarik adalah Dia tidak sekedar berhenti melihat-lihat, tapi Mazmur 113:7 mengatakan Dia melihat jauh sampai ke dalam bumi mencari orang yang hina untuk menegakkannya dan orang yang miskin supaya Ia dapat mengangkatnya. WOW, dapatkah kita membayangkan seberapa rendahnya Dia harus merendahkan diri-Nya untuk menemukan pribadi-pribadi yang dicari-Nya? – HOW LOW SHOULD HE GO?

Lukas 19:10 berkata Sebab Anak Manusia datang untuk mencari dan menyelamatkan yang hilang.

Siapa dan apakah yang hilang sehingga Ia tergerak untuk datang mencari dan menyelamatkannya?

Dan kita menemukan jawabannya...

Yesus datang untuk mencari dan menyelamatkan pribadi lepas pribadi.

Yesus datang untuk menjumpai setiap kita di tengah-tengah kondisi apapun yang sedang kita alami hari-hari ini.

Yesus datang untuk memberi diri-Nya menjadi sumber jawaban saat kita tak lagi punya harapan dan jalan keluar.

Yesus datang untuk membawa kita kembali kepada persekutuan dengan-Nya yang mungkin selama ini perlahan mulai hilang dari kehidupan kita.

Yesus datang untuk menunjukkan jalan, kebenaran dan hidup supaya barangsiapa percaya kepada-Nya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal.

Yesus datang untuk menemukan dan mengembalikan keberanian setiap kita untuk mendekat lagi kepada-Nya, setiap kemampuan dan kesempatan bagi kita untuk bersekutu dengan-Nya, setiap percikan api kasih mula-mula yang masih tersisa dalam kehidupan kita dan mengobarkannya kembali.

THERE IT IS... FROM THE HIGHEST...

HE CAME TO SEEK AND TO SAVE THE LOWEST, THE LEAST, THE LOST and THE LAST!

HE CAME FOR US!

 

M.A.R.A.N.A.T.H.A [JC]